Konstruksi Lantai Kokoh Dengan Floor Hardener dan Epoxy

0
4

PT APINDO KARYA LESTARI
081219984028Chat via WA (Online 24 Jam!)
Jl. Raya Serpong ( Sebrang Tajug )
Komp.Ruko Serpong 1 Cilenggang No.17-A
Kota Tangerang Selatan
Banten 15310

Membicrakan tentang konstruksi lantai beton, pasti tak jauh-jauh dari floor hardener dan epoxy lantai. Dimana kedunya merupakan bagian penting yang dapat membuat lantai beton semakin kokoh. Penggunaan material floor hardener akan membuat lantai lebih siap menanggung beban yang begitu besar.

Begitu juga dengan lapisan cat epoxy yang mampu membuat lantai menjadi lebih kuat serta tampak indah. Untuk sebuah lantai yang akan dilapisi dengan cat epoxy, harus sudah menggunakan floor hardener terlebih dahulu, meningat aplikasi material ini adalah bagian wajib sebelum aplikasi cat epoxy.

Penggunaan Floor hardener Pada Lantai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika lantai beton yang akan dilapisi cat epoxy harus terlebih dahulu dilapisi dengan material floor hardener. Namun bagaimanakah proses aplikasi floor hardener sehingga bisa memberikan hasil lantai yang jauh lebih kuat?

Berikut ini panduannya.

  • Pertama-tama siapkan permukaan lantai yang akan dilapisi dengan material floor hardener. Selanjutnya buat pelat beton dengan ketebalan sekitar 15 cm, lalu tuang beton.
  • Selanjutnya Anda bisa meratakan beton dengan menggunakan banuan batang besi yang lurus atau trowel. Pastikan semua bagian lantai sudah diratakan menggunakan trowel.
  • Cek kesiapan beton untuk bisa ditaburi bubuk floor hardener.
  • Pastikan takaran bubuk floor hardener yang digunakan sudah disesuaikan dengan kebutuan lantai. Tabur rata ke seluruh permukaan lantai.
  • Jika sudah, tunggu hingga bubuk floor hardener memadat.
  • Setelah semua bagian memadat, berikutna lakukan penghalusan permukaan lantai dengan menggunakan baling logam. Lakukan dengan putaran rendah atau halus.
  • Selanjutnya masuk pada tahap finishing, dimana lantai masih harus dihaluskan menggunakan baling logam, namun kali ini dengan putaran yang cukup tinggi.

Pengaplikasian bubuk floor hardener ini bisa dikatakan cukup cepat sehingga untuk bisa masuk pada tahap berikutnya atau aplikasi cat epoxy pun lebih cepat.

Nah dewasa ini, jenis floor hardener sendiri sebenarnya ada 3, yaitu floor hardener untuk lantai logam, floor hardener untuk lantai non logam serta liquid hardener/dustproofer. Masing-masing jenis tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Akan tetapi pemilihan material floor hardener bisa disesuaikan dengan kebutuhan lantai Anda.

Penggunaan Cat Epoxy Lantai

Jika lantai beton sudah disurvei kembali dan dinyatakan lolos untuk aplikasi cat epoxy. Baru selajutnya bisa masuk pada tahap aplikasi cat epoxy. Sama halnya dengan aplikasi floor hardener, aplikasi cat epxy juga tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Mengingat jika terjadi kesalahan fatal maka dapat membuat cat epoxy cepat rusak. Berikut ini adalah tahap dalam penggunaan atau aplikasi cat epoxy.

  • Pertama-tama singkirkan semua benda yang terdapat di atas lantai. Kemudian lakukan pembersihan dengan disapu serta dipel.
  • Sebelum tahap persiapan ini tim kontraktor epoxy akan melakukan pengecekan kondisi lantai, apakah siap untuk diepoxy atau tidak. Sebab beberpa kondisi lantai sering akali menunjukkan tidak siap untuk diepoxy. Dan salah satu penanganannya ialah dengan mengaplikasikan floor hardener terlebih dahulu.
  • Pembukaan pori lantai agar nantinya cat epoxy bisa meresap lebih cepat dan maksimal.
  • Jika lantai sudah fix untuk diaplikasikan epoxy, kemudian lakukan pengecatan primer. Penggunaan cat dasar ini bertujuan agar cat epoxy bisa merekat sempurna sehingga memberikan hasil yang lebih kuat serta awet.
  • Tunggu sampai primer cat kering kemudian lanutkan aplikasi cat epoxy. Beberapa jenis cat epoxy memang sudah sangat praktis digunakan. Pekrja hanya peru meratakan di seluruh bagian ruangan kemudian cat akan melaukan self leveling.
  • Setelah diaplikasikan cat epoxy, lantai harus didiamkan setidaknya 1-2 hari sampai siap dignunakan. Hal ini ditujukan agar epxoxy lantai bisa meresap sempurna serta hasilnya maksimal nanti.
  • Berikutna aplikasi coating atau lapisan akhir pada cat epoxy. Lapisan inilah yang akan menentukan kilau pada cat epoxy dan juga berperan banyak dalam membuat lantai lebih kokoh.

Sama halnya dengan jenis floor hardener, jenis cat epoxy lantai pun sangat beragam. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan pilih jenis terbaik di kelasnya.

Kontraktor Floor Hardener Sekaligus Epoxy Terbaik di Indonesia

Dua macam material yang mampu memberikan kekuatan maksimal pada lantai beton ini biasanya bisa Anda dapatkan dari satu kontraktor. Benar sekali, sekarang ini begitu banyak kontraktor epoxy yang sekaligus menawarkan jasa floor hardener.

Salah satu yang terbaik ialah PT. Apindo Karya Lestari. Perusahaan kami berbasic di Tangerang namun layanan yang kami tawarkan sudah mencakup wilayah yang cukup luas, yaitu hampir ke seluruh pelosok Indonesia.

Dalam setiap pengerjaan proyek, kami selalu menggunakan material terbaik. Seperti bubuk floor hardener kualitas nomer satu sehingga mampu memberikan finishing lantai beton yang sempurna. Begitu juga dengan material cat epoxy yang kami gunakan.

Khusus untuk cat epoxy, kami juga merupakan produsen cat epoxy dengan brand Megah Floor. Cat epoxy produksi kami ini sudah teruji memiliki kekuatan terbaik, mulai dari daya tahannya terhadpa beban, ketahanan hingga kilau yang dihasilkan. Ratio pencampuran cat epoxy yang kami lakukan pun sudah melalui takaran yang pas.

Perlu Anda ketahui untuk mendapatkan lantai epoxy yang benar-benar kokoh, ratio pada cat epoxy harus benarbenar tepat. Jadi tunggu apa lagi, segera hubungi kami jika Anda sedang membutuhkan jasa floor hardener dan epoxy lantai.

Untuk masalah harga dijamin kami adalah yang terbaik. Puluhan bahkan ratusan perusahaan telah mempercayakan pekerjaan floor hardener dan epoxy lantai pada kami. Jadi tak ada lagi yang perlu Anda pertimbangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × five =