Akibat Jika Lantai Gudang Tidak Dilapisi Floor Hardener

0
3
Lapisan Floor Hardener

Gudang merupakan salah satu bangunan yang membutuhkan konstruksi berkekuatan maksimal. Mulai dari bagian atap, tembok, hingga bagian lantai semua memiliki standar kekuatan yang cukup tinggi.

Untuk bagian lantai sendiri, penggunaan cat epoxy lantai bisa jadi salah satu alternative untuk memperkuat dan menambah estetika lantai gudang. Namun perlu Anda ketahui jika tidak semua lantai beton dapat dilapisi dengan cat epoxy.

Benar sekali, lantai beton yang akan dilapisi cat epoxy harus melalui tahap floor hardener terlebih dahulu. Floor hardener sendiri merupakan proses pengerasan lantai beton menggunakan bubuk khusus atau material cair yang mampu menutup lapisan lantai beton sehingga menjadi lebih kuat.

Setelah melalui proses floor hardener, baru lantai beton bisa masuk pada tahap pengaplikasian cat epoxy. Proses penguatan lantai beton ini juga berfungsi untuk membuka pori-pori lantai beton sehingga nantinya cat epoxy dapat melekat lebih sempurna.

Lalu apa akibatnya jika lantai gudang tidak menggunakan floor hardener? Penasaran? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Akibat Jika Lantai Gudang Tidak Dilapisi Floor Hardener

Pada penjelasan di atas mungkin sudah dijelaskan secara umum apa itu floor hardener dan fungsinya. Kemudian apa sih yang akan terjadi jika lantai gudang tidak dilapisi floor hardener? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kekuatan Lantai Tidak Maksimal

Benar sekali, fungsi utama floor hardener adalah untuk menambah kekuatan pada lantai beton, sehingga ketika lantai gudang tidak dilapisi material floor hardener maka kekuatan lantai beton tidak akan maksimal. Hal ini juga akan berpengaruh pada keawetan lantai.

Tidak Dapat Diaplikasikan Cat Epoxy

Setelah dilakukan proses floor hardener, lantai gudang harus menggunakan cat epoxy untuk membuatnya memiliki kekuatan maksimal. Akan tetapi jika lantai gudang tidak menggunakan floor hardener, cat epoxy pun tidak bisa diaplikasikan.

Bukan tanpa alasan, namun pengaplikasian cat epoxy memang hanya bisa dilakukan pada lantai beton yang sudah melalui proses finishing atau floor hardener ini. Sebab tanpa lapisan floor hardener, lantai beton tidak dapat menerima lapisan cat epoxy dengan baik. Alhasil cat epoxy bisa rusak dalam kurun waktu yang lebih cepat.

Sterilisasi Lantai Gudang Tidak Maksimal

Bukan hanya untuk menambah kekuatan lantai, floor hardener dan cat epoxy juga dapat menambah sterilisasi lantai gudang. Baik kotoran padat ataupun cair tidak akan udah melekat serta lebih mudah dibersihkan.

Sedangkan jika lantai gudang belum menggunakan lapisan floor hardener, khususnya kotoran cair akan mudah meresap ke bagian dalam lantai beton sehingga berpengaruh pada sterilisasi serta keawetan lantai.

Itulah beberapa akibat atau efek samping jika lantai beton tidak dilapisi floor hardener. Bukan hanya berpengaruh pada kekuatan dan keawetan lantai namun juga sterilisasi ruangan.

Memilih Jenis Floor Hardener Pada Lantai Gudang

Setelah mengetahui akibat fatal jika lantai gudang tidak mendapatkan lapisan floor hardener, tentu penanganan paling bijak yang bisa Anda lakukan adalah degan langsung mengaplikasikan floor hardener. Namun sebelum melakukan aplikasi floor hardener, perlu Anda ketahui jika floor hardener dibedakan menjadi 3 jenis.

Baca Juga: Cara memperbaiki lantai epoxy yang rusak

Masing-masing jenis floor hardener tersebut disesuaikan dengan jenis lantai gudang, yaitu pengeras lantai logam, pengeras lantai non logam serta liquid hardener. Selain itu pemilihan jenis floor hardener juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan gudang. Berikut perbedaan dari ketiga jenis floor hardener.

Pengeras Lantai Logam (Tanpa Karat)

Pengeras lantai logam atau floor hardener yang biasa diaplikasikan dalam bentuk wet on wet topping atau dry-shake ini merupakan jenis floor hardener yang cocok untuk lantai dengan tugas beban tinggi.

Beberapa jenis gudang yang membutuhkan floor hardener tanpa karat ini antara lain adalah gudang yang sering dilalui truk atau kendaraan besar dan terbuat dari materal logam.

Pengeras Lantai Non-Logam

Floor hardener ini umumnya diterapkan dalam bentuk dry-shake saja. Dimana jenis ini paling banyak digunakan untuk gudang. Ketahanan floor hardener lantai non-logam sendiri terbilang sedang sehingga cocok untuk gudang dengan beban standar.

Penerapan floor hardener non logam juga biasa digunakan pada lantai sekolah, rumah sakit, hotel, tempat parkir dan lain sebagainya.

Liquid Hardener/Dustproofer

Pengaplikasian floor hardener liquid ini dilakukan dengan cara spray-on. Dari bentuknya yang cair, lapisan floor hardener ini mampu memberikan kekuatan yang ekonomis dan efektif. Gudang yang banyak menggunakan jenis floor hardener liquid juga merupakan gudang dengan beban ringan.

Bangunan lain yang juga sering menggunakan jenis floor hardener cair adalah perumahan, pertekoan ataupun area parkir pribadi.

Baca juga: Kandungan Yang Terdapat Pada Cat Epoxy

Dari ketiga jenis floor hardener di atas, Anda bisa memilih manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk gudang bahan makanan sendiri memiliki keistimewaan, meskipun beban yang dimiliki ringan namun setidaknya harus menggunakan floor hardener non logam. Ya, sebab gudang makanan bukan hanya membutuhkan kekuatan lantai namun juga sterilisasi lantai yang maksimal, sehingga lapisan floor hardener yang digunakan pun harus lebih baik.

Memilih Jasa Floor Hardener Terbaik

Bagi Anda yang sedang mencari jasa floor hardener untuk gudang, kami PT. Apindo Karya Lestari memberikan penawaran menarik khusus untuk Anda. Ya, sebagai kontraktor epoxy lantai, floor hardener dan waterproofing terbaik, kami menawarkan kualitas terbaik dengan harga termurah. Hasil pekerjaan kami pun dijamin tercepat karena kami hanya menggunakan tenaga kerja profesional. Jenis floor hardener yang kami tawarkan juga begitu lengkap.

Nah untuk info lebih lengkap, Anda bisa langsung hubungi customer service kami melalui WhatsApp ataupun Email.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + twelve =